Rabu, 21 Juli 2010

Struktur Layer Sistem CDMA2000



● Upper layer terdiri dari tiga layanan dasar, yaitu :
Layanan suara termasuk akses public switched telephone network (PSTN), layanan komunikasi bergerak, dan internet telephony.
Layanan end user data-bearing yaitu layanan yang melayani berbagai bentuk kepentingan data end user termasuk packet data, circuit data services, dan SMS.
Persinyalan yang mengatur seluruh operasi perangkat bergerak.
● Link layer menyediakan berbagai level karakteristik kualitas sesuai dengan layanan upper layer yang dikehendaki. Layer ini menyediakan protokol dan mekanisme pengontrolan untuk layanan data dan melakukan berbagai fungsi yang diperlukan untuk transportasi data sesuai dengan kemampuan dan karakteristik dari physical layer.
Link layer dibagi dalam beberapa sublayer :
a. Link access control (LAC)
Sublayer LAC mengatur komunikasi point to point antar bagian upper layer dan menyediakan framework untuk mendukung protokol link layer yang handal.
b. Medium access control (MAC)
Sublayer MAC memiliki tiga fungsi dasar, yaitu :
Media access control state merupakan prosedur untuk mengontrol akses layanan data ke physical layer (termasuk pengontrolan beberapa akses dari satu pengguna)
Best effort delivery merupakan transmisi melalui link radio dengan radio link protocol yang merupakan link terbaik
Pengontrolan multiplexing dan QoS yang mengatur akses layanan dari berbagai layanan yang tersedia.
● Layer fisik melakukan layanan pengkodean dan modulasi untuk seperangkat kanal logik yang digunakan oleh sublayer PLDCF MUX dan QoS

0 komentar:

Posting Komentar